Kamis, 26 Juli 2012

Teknologi Ramah Lingkungan

Di bagian "Konsep Ramah Lingkungan", kita menyinggung tentang teknologi ramah lingkungan. Apa yang dimaksud dengan teknologi ramah lingkungan? Dari namanya saja kita sudah mengetahui bahwa teknologi ramah lingkungan adalah teknologi yang aman dan sehat bagi lingkungan. Apa saja yang termasuk teknologi ramah lingkungan? Yaitu :
  
1. Nano Solar 

Teknologi nano solar membuat energi listrik tenaga surya yang selalu menjadi salah satu sumber energi terbaik, karena dalam pengoperasiannya tidak melepaskan gas gas berbahaya ke udara.  Namun biaya produksi dan operasionalnya cukup tinggi, tetapi lebih intensif dalam menghasilkan energi listrik. Panel surya ini dapat memaksimalkan transfer sinar matahari ke energi listrik. Teknologi ini hanya ditemukan di negara-negara maju saja. Di negara berkembang, belum dan jarang ditemukan. Tentu teknologi ini patut kita pergunakan, karena walaupun biayanya mahal, teknologi nano solar ini dapat menghasilkan listrik yang maksimal dan tentunya ramah lingkungan.

2. Mobil Hybrid
Mobil hybrid adalah mobil bertenaga bahan bakar dan listrik, mobil hybrid dapat dikatakan sebagai mobil keluarga ideal terbaik Indonesia karena selain ramah lingkungan tapi juga nyaman dan aman untuk keluarga pada khususnya dan penduduk dunia pada umumnya. Mobil ini menggunakan dua sumber tenaga, yaitu mesin dengan bensin dan motor dengan listrik. Mengapa? Karena dengan menggunakan dua sumber tenaga inilah dapat menghasilkan gas buang CO2 yang lebih sedikit dan ramah lingkungan. Di Indonesia telah diperkenalkan oleh Toyota dengan inovasi barunya yaitu Toyota plug-in Prius.

3. Baterai Kertas
image Sony baru-baru ini telah memperkenalkan batery kertas yag merupakan produk Bio-Technology dalam rangka mengembangkan teknologi ramah lingkungan. Produk baterai ramah lingkungan ini menggunakan enzym khusus yang disebut selulosa yang mengubahnya menjadi glukosa yang dibutuhkan untuk menyediakan tenaga listrik pada sebuah baterai. Baterai ini dapat digunakan berulang-ulang. Baterai ini dapat menghasilkan 18 Watt yang setara dengan 6 buah baterai AA. Produk ini belum di produksi secara massal. Semoga baterai ini dapat terus berkembang sehingga dapat menghemat penggunaan baterai sekarang.

Kita sudah melihat segelintir teknologi ramah lingkungan. Teknologi ini belum di sebarluaskan secara massal. Walau begitu, teknologi ini terus berkembang sehingga dapat menghemat penggunaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi, batu bara, dan gas alam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar