Jumat, 20 Juli 2012

Kota Modern Ramah Lingkungan

Sesuai judulnya, kita akan membahas tentang kota modern yang ramah lingkungan. Pada jaman sekarang, kota-kota modern di dunia banyak yang tidak ramah lingkungan. Mengapa? Karena pada kota-kota modern sekarang menggunakan teknologi yang tidak ramah lingkungan seperti transportasi berpolusi dan lain-lain. Namun, ada pula kota-kota modern yang ramah lingkungan. Misalnya, Kota Hongkong di China, London di Inggris, Sydney di Australia dan Copenhagen di Denmark. Nah, tentu ada pertanyaan di benak kita : Mengapa kota-kota seperti itu bisa menjadi ramah lingkungan? Sebelum menjawab itu, mari kita lihat sedikit penjelasan dari tiap-tiap kota tersebut.

1. Hongkong, RRC
File:Hong Kong Skyline Restitch - Dec 2007.jpg
Kota Hongkong atau Daerah Administratif Khusus Hong Kong merupakan satu dari dua Daerah Administratif Khusus di Republik Rakyat China setelah Makau. Melihat pemandangan dari kota modern ini, kita langsung terpesona dengan menara pencakar langit yang tentu banyak sekali. Walaupun kota ini dipenuhi oleh gedung pencakar langit, masih tetap ada ruang hijau. Kita akan merasa nyaman di kota ini yang merupakan kota wisata dunia ini. Transportasi seperti kereta pun sekarang sudah menggunakan listrik dan tidak menimbulkan polusi. Bahkan, di Hongkong jarang terdapat kendaraan pribadi. Hampir 90% warganya menggunakan transportasi umum. Inilah salah satu penyebab Hongkong menjadi kota yang ramah lingkungan, yaitu sedikit warga saja yang menggunakan kendaraan pribadi dan tentunya polusi pun berkurang.

2. London, Inggris

Kota London merupakan ibukota dari Inggris atau Britania Raya. Walaupun merupakan ibukota, Kota London menjadi kota yang bersih, hijau dan ramah lingkungan. Pemerintah London mulai menerapkan kebijakan untuk mengurangi gas emisi CO2 sebanyak 60%. Tentu ini akan membawa perubahan besar pada London. Walaupun banyak warganya menggunakan kendaraan pribadi, polusi di London mulai berkurang dan semakin ramah lingkungan. London memiliki taman yang sangat besar yang bernama Royal Parks yang terletak di tengah-tengah Kota London. Nah, ini bisa menjadi pelajaran bagi kita. Bahwa, walaupun London menjadi ibukota negara, kota ini juga menyediakan lahan hijau yang sangat luas bagi warganya.

3. Sydney, Australia
File:Sydney skyline at dusk - Dec 2008.jpg 
Kota yang terkenal karena Gedung Opera nya ini merupakan kota yang ramah lingkungan. Terletak di sebelah tenggara Australia. Dengan pemandangan Laut Tasman yang indah dan gedung-gedung pencakar langit nya, tentu kita terpesona melihatnya. Jika kita melihat Sydney melalui satelit, kota ini masih terlihat hijau walaupun dipenuhi gedung pencakar langit. Kota Sydney adalah kota yang memprakarsai program "Earth Hour" dan Sydney yang menjalankan program ini untuk pertama kalinya. Sydney juga mempunyai lahan terbuka hijau yang salah satunya ialah Royal Botanic Gardens. Dengan program Earth Hour tersebut, kita dapat mengurangi penggunaan listrik atau mematikan lampu selama satu jam serentak di seluruh dunia. Ini adalah salah satu bentuk penghematan energi yang tetap ramah lingkungan.

4. Copenhagen, Denmark
 
Kota Copenhagen merupakan ibukota dari negara Denmark. Sama seperti London, Copenhagen tetap menjaga kebersihan dan keramah-lingkungannya. Walaupun tidak didominasi oleh bangunan pencakar langit, Copenhagen memiliki pemandangan rumah-rumah yang bergaya Abad Pertengahan. Jika kita ke Copenhagen, tidak terlalu banyak kendaraan berlalu-lalang di jalan. Melainkan banyak warganya yang berjalan kaki dan menggunakan sepeda. Tentu ini menghemat energi, mengurangi polusi, dan membuat hidup menjadi sehat. Kota ini memiliki lahan terbuka hijau yang salah satunya bernama King's Gardens. Ini bisa dicontoh oleh banyak kota-kota didunia. Bahwa gaya hidup sehat dan ramah lingkungan harus diterapkan mulai dari sekarang.

Oke, kita sudah melihat penjelasan sedikit dari 4 kota modern yang ramah lingkungan. Walaupun kota-kota sudah modern, tapi jangan melupakan prinsip kota ramah lingkungan. Jika kita melihat dari 4 kota tersebut, ada beberapa faktor yang dapat menjadikan kota modern menjadi ramah lingkungan, yaitu :
  1. Pembuatan lahan terbuka hijau.
  2. Kebijakan pemerintah untuk menghijaukan lingkungan.
  3. Perilaku warga untuk hidup sehat.
  4. Penggunakan transportasi ramah lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar